Apa Saja Perangkat Komputer dan Kegunaannya

Apa Saja Perangkat Komputer dan Kegunaannya? 

Yuk, Cari Tahu Lebih Jauh

BELAJAR COMPUTER - Komputer merupakan salah satu peralatan yang sudah akrab dengan kehidupan kita. Anda pun pasti pernah melihat dan mengoperasikannya. Apalagi di era digital saat ini, hampir semua hal tak lepas dari penggunaan komputer. Karena komputer dapat mengoperasikan sesuatu yang kita inginkan dengan cepat dan sangat membantu pekerjaan sehari-hari. Sehingga, semua pekerjaan yang dioperasikan dengan komputer pastinya lebih efektif dan efisien.

Ada banyak yang bisa Anda lakukan dengan komputer. Baik itu mengolah data, desain, penghitungan rumus, lembar kerja, memutar musik, memainkan visual seperti video maupun film, penyimpanan dan sebagainya. Bentuknya sendiri rata-rata persegi atau persegi panjang. Selain itu, komputer ini biasanya berupa satu paket yang terdiri dari beberapa perangkat pendukung lainnya.
Nah. berikut ini :

Sejarah Singkat Perkembangan Komputer

Semua teknologi yang telah diciptakan hingga sekarang ini pastilah berevolusi. Dimana saat pertama kali diciptakan, bentuk maupun komponennya memiliki perbedaan yang jauh dengan yang ada kini. Contohnya adalah komputer. Anda mungkin belum pernah membayangkan bagaimana penampakan komputer di jaman pertama kali dibuat. Yang pasti perbedaannya cukup jauh. Evolusi yang terjadi ini menunjukkan bahwa pola pikir manusia pun juga mengalami perkembangan. Sehingga mereka berpikir bagaimana perangkat tersebut dapat digunakan lebih baik dan maksimal.

Komputer sendiri asalnya dari kata compute, yang artinya adalah menghitung. Komputer yang pertama kali dibuat ini memang berfungsi sebagai alat hitung. Penciptanya adalah Charles Babbage. Beliau yang mencari cara untuk menciptakan mesin yang bisa menghitung. Selanjutnya komputer mengalami beberapa perkembangan secara terus-menerus. Hingga komputer elektronik pertama berhasil dibuat oleh John. V. Atanasoff pada tahun 1937.

Evolusi komputer ini terdiri dari 5 generasi. Generasi pertama disebut dengan komputer dinosaurus, sebab ukurannya yang sangat besar. Tidak semua orang bisa mengoperasikan komputer ini, hanya para ahli saja yang bisa. Periode komputer ini berlangsung antara tahun 1942 – 1959.

Kemudian ada komputer generasi kedua yang ukurannya lebih kecil dari generasi pertama. Kira-kira seukuran lemari. Memang masih cukup besar, namun beberapa perusahaan sudah mulai mengoperasikan komputer ini. Perangkatnya juga sudah dilengkapi dengan memori, printer, disket dan beberapa sistem operasi. Komputer seperti ini mulai muncul pada tahun 1960-an. 

Perangkat Komputer Lengkap Kegunaanya

Komputer generasi tiga berlangsung pada tahun 1965 -1971. Perkembangan pada era ini dinilai paling pesat, sebab sudah dikembangkan IC dan sistem operasi. Pada masa ini, sistem operasi yang digunakan adalah Unix dan Windows.

Sedangkan komputer generasi keempat adalah komputer-komputer yang sudah sering kita gunakan saat ini. Inovasi ini juga berkembang begitu pesat, karena pengoperasiannya begitu mudah dan siapapun bisa mencobanya. Lalu untuk komputer generasi kelima sendiri nantinya akan lebih canggih, diperkirakan akan bekerja sesuai dengan perintah manusia.

Macam-Macam Perangkat Komputer dan Kegunaannya

Setelah mengetahui sejarah singkat mengenai perkembangan komputer, sekarang Anda bisa mengenal apa saja perangkat dalam komputer. Komputer yang kita kenal di jaman ini terdiri dari beberapa komponen yang membentuk satu kesatuan. Secara umum, perangkat komputer sendiri terbagi menjadi 3 bagian utama. Seperti inilah jenis serta kegunaannya pada masing-masing bagian :


1. Brainware

Komponen yang paling utama di dalam satu paket perangkat komputer adalah brainware (pengguna). Pengguna ini adalah manusia yang memanfaatkan komputer untuk kepentingannya, yakni dengan pengolahan data. Pengertian lain dari brainware adalah orang yang mengeksplor atau mengembangkan sistem dari hardware maupun software.

2. Hardware

Komponen selanjutnya disebut dengan Hardware atau perangkat keras. Disebut perangkat keras karena hardware ini terdiri dari beberapa perangkat dalam bentuk fisik yang membantu kerja komputer sehingga lebih sempurna. Beberapa contoh dari Hardware adalah :

     a. Monitor
Untuk bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik, Anda membutuhkan sebuah monitor. Monitor ini layaknya televisi yang bisa menampilkan hasil kerja Anda berbentuk visual seperti teks, gambar, maupun video. Monitor komputer mempunyai berbagai ukuran yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan para penggunanya. Ada baiknya untuk tidak memilih ukuran monitor yang terlalu kecil supaya tidak merusak mata Anda.

     b. Keyboard
Keyboard dapat dikatakan sebagai salah satu perangkat keras yang penting dalam satu paket komputer. Keyboard adalah sebuah benda yang terdiri dari beberapa tombol yang menampilkan karakter dan perintah khusus. Anda akan sangat membutuhkan keyboard ini untuk memproses data maupun informasi. Biasanya terdapat sebuah kabel pada keyboard yang berfungsi sebagai penghubung ke komputer.

     c. Mouse
Perangkat ini bukan berarti seekor tikus. Bentuknya memang mirip dengan tikus, maka dari itu dinamai dengan Mouse. Mouse ini termasuk sebuah perangkat keras dalam kategori input masukan (input device). Dimana Anda harus menghubungkan kabelnya pada komputer terlebih dahulu agar bisa menggunakannya. Mouse berguna sebagai alat untuk mengarahkan pointer pada komputer. Anda bisa menggerakkan Mouse ke berbagai arah untuk melakukan perintah sesuai keinginan. Sedangkan bagian utama pada Mouse terdiri dari 3 tombol.

     d. Printer Printer adalah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat pencetak. Bisa mencetak dalam bentuk teks maupun gambar. Anda membutuhkan kertas dengan jenis tertentu agar data yang diinginkan bisa tercetak dengan baik.

     e. Scanner
Perangkat selanjutnya yang juga cukup penting peranannya dalam penggunaan komputer adalah Scanner. Scanner ini berguna sebagai alat pemindai dalam bentuk fisik yang bisa Anda pindahkan ke dalam komputer dengan format lain. Sehingga obyek yang dipindah tersebut dapat disimpan di dalam memori komputer.

    f. Headset
Jika Anda ingin mendengarkan audio komputer secara personal, maka bisa menggunakan headset. Alat pendengar audio ini tidak akan terdengar oleh orang lain, sebab cara pakainya adalah dengan menempelkannya pada telinga.

    g. Speaker Berbeda dengan Headset yang berfungsi untuk mendengarkan audio dari komputer secara personal. Speaker adalah hardware yang digunakan untuk mendengarkan audio dengan suara yang keras. Orang-orang di sekitar Anda dapat mendengarkan suara yang dikeluarkan. Anda pun juga bisa mengatur seberapa besar volumenya.

    h. Central Processing Unit (CPU)
CPU dapat dikatakan sebagai bagian otak komputer. Sebab, CPU ini terdiri dari beberapa komponen yang berfungsi untuk menerima, melaksanakan, serta menyimpan perintah. Bentuk dari CPU umumnya seperti tabung persegi panjang. Beberapa komponen di dalam CPU adalah :
          Processor
Processor merupakan komponen yang paling krusial, sebab bagian inilah yang menjadi inti dari komputer. Gunanya adalah untuk memproses semua perintah yang dilakukan oleh para pengguna.

          Motherboard
Motherboard adalah sebuah lempengan yang terdiri dari berbagai bagian elektronik dan saling terhubung satu sama lain.

          Random Access Memory (RAM)RAM adalah sebuah memori penyimpanan komputer. Fungsi utamanya adalah untuk membaca atau menulis data yang telah tersimpan.
         Complementary Metal Oxide Semiconductor (CMOS)
CMOS adalah sebuah komponen dalam bentuk integrated circuit (IC). Kegunaannya adalah menyimpan setting BIOS pada komputer.
          Konektor Casing
Konektor Casing pada CPU ini berfungsi sebagai alat penghubung tombol dan indikator pada motherboard supaya processor dapat bekerja dengan baik.
          Power Supply
Komponen selanjutnya adalah power supply yang berguna sebagai alat untuk mengalirkan energi listrik ke komputer.

          Harddisk
Harddisk merupakan komponen perangkat keras dari CPU yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder.
          Kipas
Komputer juga membutuhkan komponen kipas untuk menghindari panas yang berlebihan pada mesin.
Video Graphic Accelerator Card (VGA Card)
Adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk memproses data yang kemudian akan ditampilkan secara visual. Bentuk tampilannya bisa Anda lihat di monitor komputer.

3. Software

Komponen utama terakhir pada komputer adalah software (perangkat lunak). Disebut sebagai perangkat lunak karena perangkat ini tidak berbentuk secara fisik seperti hardware. Melainkan tersimpan secara digital di dalam komputer. Fungsinya adalah sebagai media pengolahan data maupun informasi yang dibutuhkan oleh pengguna. Perangkat lunak ini masih terbagi menjadi 2 bagian, yakni :

a. Sistem Operasi

Sistem operasi adalah sebuah program yang dijalankan oleh komputer. Berguna sebagai penghubung antara pengguna dengan hardware yang digunakan. Dewasa ini, sistem operasi dibedakan menjadi Windows, Linux dan Mac OS. Sedangkan sistem operasi yang paling umum kita jumpai dan digunakan oleh banyak masyarakat adalah Windows.

b. Sistem Aplikasi

Selanjutnya ada sistem aplikasi yang tersimpan di komputer sebagai sarana untuk mengerjakan tugas tertentu. Sistem aplikasi dapat digunakan untuk mengolah lembar kerja, kata, desain, maupun media. Beberapa contoh aplikasi yang sering ditemui dalam komputer adalah Microsoft Office, Google Chrome, Photoshop, Windows Media Player, dan masih banyak lagi.

Ternyata berbagai jenis perangkat komputer dan kegunaannya sangat bermanfaat ya. Teknologi tersebut diciptakan untuk menunjang pekerjaan dan memajukan peradaban manusia. Maka, jangan heran jika setelah ini akan muncul evolusi yang lebih hebat lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Saja Perangkat Komputer dan Kegunaannya"

Post a Comment