Sebutkan Jenis-Jenis Sambungan Internet?

BELAJARCOMPUTER - Sebutkan Jenis-Jenis Sambungan Internet? Sambungan internet sangat kita butuhkan di era ini untuk mengakses banyak informasi dengan berbagai bentuknya melalui laptop, komputer, hp, ipad, konsol game, dan perangkat lainnya. Misalnya, kita ingin membuka salah satu website atau menonton video di YouTube, maka hal itu tidak bisa kita lakukan tanpa adanya sambungan internet.

Begitupun ketika kita ingin bermain game online seperti PUBG atau Free Fire, tanpa adanya sambungan internet, maka kita tidak mungkin bisa membuka aplikasi tersebut.

Sambungan internet pun ternyata terbagi atas banyak jenis yang kadangkala tidak kita sadari namanya. Melalui tulisan ini, kami ingin berbagi tentang jenis-jenis sambungan internet yang perlu diketahui. Berikut penjelasannya:

1. MOBILE

Jenis sambungan internet pertama yakni sambungan mobile (Ponsel). Banyak provider ponsel terutama smartphone menawarkan fasilitas akses Internet. Koneksi Internet seluler memberikan kecepatan yang memadai dan memungkinkan Anda mengakses internet saat bepergian atau ke luar rumah. Jika di Indonesia, untuk mengakses internet melalui ponsel, kita perlu membeli kuota terlebih dahulu.

2. WIRELESS

Jenis sambungan internet kedua yaitu sambungan wireless. Pita frekuensi radio digunakan sebagai pengganti jaringan telepon atau kabel. Salah satu keuntungan terbesar koneksi Internet nirkabel adalah koneksi "selalu aktif" yang dapat diakses dari lokasi manapun yang termasuk dalam jangkauan jaringan. Koneksi nirkabel dimungkinkan melalui penggunaan modem, yang mengambil sinyal Internet dan mengirimkannya ke perangkat lain.

3. HOTSPOT

Jenis sambungan internet ketiga adalah hotspot. Hotspot adalah situs yang menawarkan akses Internet melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) melalui router yang kemudian terhubung ke penyedia layanan Internet. Hotspot menggunakan teknologi Wi-Fi, yang memungkinkan perangkat elektronik untuk terhubung ke Internet atau bertukar data secara nirkabel melalui gelombang radio. Hotspot dapat berbasis telepon atau berdiri bebas, komersial atau gratis untuk umum. Biasanya di tempat -tempat publik seperti di Cafe, Kantor, atau Warkop kini telah banyak memanjakan para pelanggannya dengan sambungan internet wireless.
Sebutkan Jenis-Jenis Sambungan Internet?


4. DIAL UP

Jenis sambungan internet keempat adalah DIAL UP. Dial-up mewajibkan pengguna untuk menghubungkan saluran telepon mereka ke komputer untuk mengakses Internet. Jenis koneksi khusus ini juga disebut sebagai analog yang tidak mengizinkan pengguna untuk melakukan atau menerima panggilan telepon melalui layanan telepon rumah mereka saat menggunakan Internet. Jenis kabel penghubung yang biasa digunakan untuk sambungan internet ini  adalah kabel UTP.

5. BROADBAND

Koneksi internet berkecepatan tinggi ini disediakan melalui perusahaan kabel atau telepon. Salah satu pilihan tercepat yang tersedia, Internet broadband menggunakan beberapa saluran data untuk mengirim sejumlah besar informasi. Istilah broadband adalah singkatan untuk bandwidth yang luas. Koneksi Internet Broadband seperti DSL dan kabel dianggap koneksi bandwidth tinggi. Meskipun banyak koneksi DSL dapat dianggap broadband, tidak semua koneksi broadband adalah DSL.

6. DSL

DSL, yang merupakan singkatan dari Digital Subscriber Line, menggunakan saluran telepon tembaga 2-kawat yang terhubung ke rumah seseorang sehingga layanan dikirimkan pada waktu yang sama dengan layanan telepon darat. Pelanggan masih dapat melakukan panggilan saat menjelajahi Internet.

7. KABEL

Koneksi Internet kabel adalah bentuk akses broadband. Melalui penggunaan modem kabel, pengguna dapat mengakses Internet melalui saluran TV kabel. Kabel modem dapat menyediakan akses yang sangat cepat ke Internet.

8. SATELIT

Di daerah-daerah tertentu di mana koneksi broadband belum ditawarkan, opsi Internet satelit mungkin tersedia. Mirip dengan akses nirkabel, koneksi satelit menggunakan modem.

9. ISDN

ISDN (Integrated Services Digital Network) memungkinkan pengguna untuk mengirim konten data, suara dan video melalui saluran telepon digital atau kabel telepon standar. Pemasangan adaptor ISDN diperlukan di kedua ujung transmisi — pada bagian pengguna serta penyedia akses Internet.

Ada beberapa pilihan koneksi atau sambungan Internet lain yang tersedia, seperti jalur T-1, jalur T-3, OC (Pengangkut Optik) dan teknologi DSL lainnya.

Nah, seperti itulah jenis-jenis sambungan internet yang perlu kita ketahui sebagai referensi pengetahuan. Bagi teman-teman yang ingin ber-internet dengan stabil dan memadai, silahkan pilihan jenis koneksi atau sambungan internet yang cocok dan tersedia di wilayah Anda. Semoga tulisan ini bermanfaat ya!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebutkan Jenis-Jenis Sambungan Internet?"

Post a Comment