Pengertian, Jenis-Jenis, Sistem Operasi Pada Komputer


BELAJAR COMPUTER - Coba Jelaskan  Pengertian, Jenis-jenis dan Sistem Operasi Pada Komputer ? Nah. .. Teknologi komputer sudah dikenal dimana-mana. Bahkan teknologi ini termasuk sebagai salah satu tanda majunya kehidupan manusia. Hampir semua sistem dikendalikan dengan komputer, sehingga seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manusia dapat terpantau dan terkendali dengan baik. Begitulah pentingnya komputer bagi seluruh masyarakat, sehingga setiap harinya tak akan lepas dari keterlibatan teknologi ini.


Peranan komputer yang begitu besar dalam menunjang pekerjaan manusia ini tentu memunculkan rasa penasaran bagi sebagian orang. Mereka yang ingin tahu mencoba menggali ilmu lebih dalam tentang komputer. Bila Anda juga demikian, maka Anda harus melewati beberapa langkah sebelum masuk ke bagian ilmu yang lebih kompleks. Sebagai tahap awal, ada baiknya untuk mempelajari dasar-dasar komputer terlebih dahulu. Baru setelah itu, Anda bisa melanjutkan ke bagian-bagian yang lebih tinggi.

Pengertian Komputer

Tahap paling awal dalam mempelajari dasar-dasar komputer adalah mengenal apa yang dimaksud dengan komputer. Anda harus tahu lebih dulu apa itu komputer untuk bisa mempelajarinya lebih dalam. Lalu, apa itu komputer? Secara garis besar, komputer merupakan satu paket perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data, informasi, maupun suatu pekerjaan lainnya.

Anda sebagai pengguna komputer akan memanfaatkan satu atau lebih program yang sudah disetting di dalam komputer. Dengan program tersebut, Anda akan menjalankan suatu pekerjaan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tertentu. Anda dapat menemukan banyak program sesuai dengan jenis pekerjaannya. Di sisi lain, komputer ini juga bisa menampilkan visualisasi yang sangat beragam. Termasuk gambar biasa, gambar bergerak, video, dan juga musik.
 
Pengertian, Jenis-Jenis, Sistem Operasi Pada Komputer

Jenis-Jenis Komputer

Kebanyakan orang akan berpikir bahwa komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang ditaruh di meja rumah maupun perkantoran. Padahal, komputer ini banyak sekali jenisnya. Bisa dilbedakan dari ukuran maupun kegunaan atau fungsinya, sehingga wujudnya pun berbeda-beda. Inilah beberapa jenis komputer yang pernah diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia :

1. Komputer Dekstop

Komputer jenis ini adalah yang paling umum dimiliki hampir setiap rumah, perkantoran, sekolah dan sebagainya. Spesialisasi komputer ini adalah penempatannya di atas meja. Ciri yang paling menonjol yakni adanya beberapa komponen yang menjadi satu kesatuan komputer. Seperti monitor komputer, CPU, keyboard dan mouse. Anda juga bisa menemui komputer seperti ini di warung internet (warnet).

2. Komputer Laptop

Jenis komputer yang selanjutnya ini pastilah sudah akrab di kehidupan Anda. Komputer laptop atau yang lebih sering disebut dengan “Laptop” ini merupakan versi simple dari komputer desktop. Sebab, komputer desktop yang terdiri dari beberapa komponen ini tidak akan praktis dibawa ke manapun. Anda hanya bisa tinggal pada satu tempat. Sedangkan aktivitas pekerjaan tidak dapat terduga dan kemungkinan Anda membutuhkan komputer sewaktu-waktu. Itulah mengapa diciptakan laptop.

Laptop memiliki bentuk yang lebih fleksibel, yakni persegi panjang dan bisa dilipat menjadi dua. Lipatan atas berupa layar monitor, sedangkan yang bawah terdiri dari keyboard, dan sensor sidik jari sebagai pengganti mouse. Jadi, Anda pun tetap bisa mengoperasikan komputer ini tanpa membutuhkan komponen lain secara terpisah. Apalagi laptop juga dilengkapi dengan baterai dengan kapasitas tertentu, sehingga tetap bisa dijalankan meski tidak terhubung dengan listrik.

3. Komputer Tablet

Ada lagi yang lebih canggih daripada laptop, yakni tablet. Mengapa disebut dengan tablet? Sebab, bentuknya memang mirip dengan obat tablet, yakni persegi panjang. Lain halnya dengan laptop yang berupa lipatan 2 sisi, teknologi tablet lebih canggih. Wujudnya hanya berupa layar berukuran khusus dengan sebuah monitor saja. Tidak ada bentuk fisik dari keyboard maupun mouse, sebab tablet mengandalkan sistem layar sentuh. Dimana Anda bisa mengatur perintah dengan menyentuh layar saja. Keyboard juga berupa keluaran visual, Anda perlu menyentuhnya agar bekerja sesuai keinginan.

4. Komputer Server

Komputer jenis ini dapat dikatakan sebagai ‘induk’ dari komputer lainnya. Karena komputer server adalah media penghubung beberapa komputer yang membentuk jaringan komputer. Server ini digunakan untuk mengendalikan komputer lainnya agar dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien. Baik data-data internal maupun berbagai informasi lainnya dapat dikumpulkan ke dalam server agar dapat diakses oleh para pengguna komputer yang terhubung dalam satu jaringan.

5. Komputer Wearables

Istilah wearables ini ditujukan pada teknologi multiguna yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Biasanya memiliki bentuk yang relatif kecil dan dapat digunakan untuk keperluan sehari-hari. Misalnya seperti alat pelacak, smart watch dan sebagainya.

6. Play Station atau Permainan Games Lain

Selanjutnya adalah komputer yang berupa alat khusus untuk permainan atau games. Mungkin jaman sekarang banyak orang yang lebih memilih games yang ada di Smartphone. Namun, dulu ada sebuah alat khusus permainan yang harus dihubungkan melalui TV. Kemudian ada perangkat pendukung lain untuk menjalankan alat tersebut.

7. Smartphone

Smartphone dapat dikatakan sebagai komputer, karena sekarang ini Smartphone diciptakan dengan berbagai fitur yang bisa dioperasikan sama halnya dengan komputer. Memang tidak semua aplikasi komputer bisa dijalankan dengan Smartphone. Akan tetapi, Anda dapat merasakan kegunaan Smartphone untuk menunjang pekerjaan.

8. Komputer Pribadi

Kemudian ada komputer pribadi yang biasanya digunakan untuk keperluan pribadi masing-masing individu. Sebenarnya wujud dari komputer pribadi ini bisa berupa komputer desktop maupun laptop. Akan tetapi, menurut sistem operasinya, komputer pribadi ini dapat dibedakan lagi menjadi dua, yaitu :

    a. Personal Computer (PC)
Komputer ini adalah tipe yang paling banyak dimiliki oleh hampir setiap orang. Sistem pengoperasiannya sendiri menggunakan Windows yang merupakan eksplorasi dari Microsoft. PC mulai dikenal sekitar tahun 1981 dengan jenis IBM PC.

    b. Macintosh
Kemudian adalah komputer pribadi dengan tipe Macintosh. Tipe ini menggunakan sistem operasi Mac OS X yang dibesut oleh Apple. Macintosh merupakan komputer pribadi pertama yang dijual kepada khalayak umum dan telah diperkenalkan sejak 1984 lalu.

Sistem Operasi Pada Komputer

Sebuah komputer dapat dijalankan ketika memiliki sistem operasi di dalamnya. Sistem operasi sendiri termasuk sebagai perangkat lunak yang berfungsi sebagai media pemroses komputer agar dapat digunakan semestinya. Sistem operasi ini juga berguna sebagai penghubung antara manfaat dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) lainnya yang berbentuk aplikasi pemrograman.

Sampai saat ini, sistem operasi yang dikenal oleh masyarakat luas ada tiga jenis, yakni Linux, Microsoft Windows dan Mac OS X. Biasanya sistem operasi akan terpasang otomatis begitu Anda membeli komputer. Akan tetapi, ada juga pengguna yang ingin merubah sistem operasi defaultnya. Berikut adalah penjelasan dari masing-masing sistem operasi tersebut :

1. Linux

Yang pertama adalah sistem operasi yang diciptakan oleh Linus Torvalds pada tahun 1991. Sistem operasi ini memang terhitung jarang dipakai oleh masyarakat umum, hanya segelintir perusahaan besar saja yang memakainya. Biasanya sistem operasi ini diterapkan pada beberapa teknologi, termasuk sistem permainan video. Linux merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software) yang memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah biaya operasional yang relatif lebih rendah, lebih stabil dan lebih aman daripada sistem operasi lainnya.

2. Microsoft Windows

Yang kedua adalah sistem operasi yang paling umum digunakan oleh masyarakat. Sekitar 80% perorangan maupun perusahaan menggunakan Windows sebagai sistem operasi pada perangkat komputer. Sebab pengoperasian dari Windows ini relatif mudah. Jika Anda membeli sebuah komputer, biasanya sistem operasi yang terpasang secara default adalah Windows ini. Sistem operasi yang sudah ada sejak tahun 1980-an ini memiliki berbagai versi dan yang terbaru adalah Windows 10. 

3. Mac OS X

Terakhir ada sistem operasi Mac OS X yang diciptakan oleh Apple. Sistem ini hanya tersedia bagi Anda yang membeli komputer jenis Macintosh dari Apple. Anda tak bisa menemukannya pada komputer lain, jadi bisa dikatakan sistem operasi ini sangat eksklusif. Para pengguna Mac OS X sendiri tergolong jauh lebih rendah daripada Windows, sebab dari segi harganya saja sudah mahal. Meskipun begitu, sistem pengoperasian dari Mac OS X ini dinilai lebih aman dibandingkan Windows, karena hanya melibatkan sesama pengguna Macintosh. Sehingga, resiko terkena virus atau hacking juga lebih minim.

Pengetahuan tentang dasar-dasar komputer ini sangat penting adanya sebagai pondasi sebelum menuju bab yang lebih tinggi. Hal ini berguna agar Anda tidak merasa kaku dalam mempelajari ilmu komputer. Jadi, tak ada salahnya memulai dari titik yang paling dasar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Sistem Operasi Pada Komputer"

Post a Comment