Sosok Penemu Komputer - Charles Babbage

BELAJARCOMPUTER.COM - Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas orang atau sosok yang sangat berpengaruh dalam hal komputer. Berkat hasil dari orang inilah kita bisa merasakan perkembangan komputer untuk saat ini.

Mari kita lihat biografi dari orang ini (Charles Babbage) sebagai penemu komputer.



Charles Babbage adalah salah satu ilmuwan yang karyanya menjadi cikal bakal terciptanya perangkat yang disebut komputer. Charles yang lahir di London, Inggris pada tanggal 26 Desember 1792 , Charles adalah anak dari seorang Banker yaitu Benjamin Babbage.

Sekitar tahun 1811, Charles masuk di Trinity College di Cambridge. Disana, ia telah memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibandingkan pengajarnya. Saat di usia 20 Tahun, Ia bekerja sebagai ahli matematika di bidang kalkulus. Charles juga terpilih menjadi anggota “Royal Society”, yang merupakan organisasi sains dan akademis independen Inggris Raya. Disaat seperti inilah Charles memiliki ketertarikan pada mesin hitung hingga akhir hayatnya (18 Oktober 1871 di Inggris).

Ia mulai mengembangkan kembali mesin tersebut di 1832 dengan mengemukakan ide bahwa mesin itu bukan hanya dapat menyelesaikan satu jenis operasi saja, namun bermacam jenis operasi aritmatika sehingga mesin tersebut berganti nama menjadi Analytical Engine pada 1856. Hingga akhirnya, Charles dikenal sebagai Bapak Komputer.

Charles terkenal sebagai matematikawan dari Inggris yang berhasil mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Mesin Penghitung (Difference Engine No.1) pada tahun 1821 yang menjadi ikonik dalam sejarah perkembangan komputer dengan menciptakan kalkulator otomatis.

Itulah sedikit mengenai biografi sosok Bapak Komputer yaitu Charles Babbage. Semoga dengan postingan ini kita bisa menambah ilmu kita...

terima Kasih kita jumpa pada postingan berikutnya..


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sosok Penemu Komputer - Charles Babbage"

Post a Comment