Jenis Bug Pada Komputer dan Menakutkan Sepanjang Sejarah

Belajar Computer - Teman-teman semua pada kesempatan ini kita akan belajar mengenai bug pada komputer atau Personal Computer yang terjadi dalam dunia informatika.

Dalam dunia komputer khususnya Personal Computer , tidak ada sistem atau software yang sempurna. Pasti ada celah yang dinamakan bug. Berikut merupakan jenis-jenis bug yang terjadi pada Personal Computer dan menakutkan sepanjang sejarah.

Bug sendiri adalah suatu kesalahan program yang umumnya ditemukan dalam perangkat lunak atau software. Meski kesalahannya tergolong kecil, bug ini menyebabkan program tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

Yah... Betul sekali teman bug ini bisa menyebabkan kerusakan yang fatal atau kerusakan yang besar pada pengguna atau bahkan pada PC itu sendiri. 
Nah ini nih teman-teman 5 Bug Komputer Paling Menakutkan Sepanjang sejarah perkembangan teknologi yang sangat perlu kita ketahui.

Y2K Bug
Masalah Tahun 2000 atau Year 2 Kilo merupakan bug kesalahan perhitungan dari komputer yg ditimbulkan oleh sistem penyimpanan tanggal yg hanya menyediakan dua digit buat tahun, dengan perkiraan ke 2 digit pertama merupakan angka 19.

Hal ini dilakukan pada tahun 60-an ketika Perconal Computer  pertama dibuat untuk menghemat media penyimpanan, tetapi saat tahun baru 2000 tiba, Personal Computer  bisa menunjukkan tanggal yg berubah dari 31 Desember 1999 ke 1 Januari 1900.

Kesalahan ini dikhawatirkan akan mengakibatkan bencana yang besar lantaran Personal Computer pula dipakai buat mengatur fasilitas-fasilitas penting misalnya PLTN dan pesawat terbang. Sebagai akibatnya, kebanyakan perusahaan di seluruh dunia melaksanakan pembaharuan pada bidang Personal Computer , baik software juga perangkat keras atau hardware guna mencegah hal ini.

End of Time (Unix)
Bug juga mengancam Personal Computer  di seluruh dunia. Sebagian besar server Personal Computer  menggunakan sistem penyimpanan data dan saat dalam bilangan bundar  32-bit yang menghitung jumlah dtk sejak 1 Januari 1970. Sistem ini lebih dikenal dengan sistem yang menggunakan waktu epos.

Masalahnya saat pada 19 Maret 2038, tepatnya pada pukul 03:14:07 (waktu universal) jam pada server akan mencapai nomor  terbesar yg sanggup diwakili setiap bilangan bulat 32-bit. Lalu, apa yg akan terjadi?

Tidak ada yg tahu pasti, tapi sebagian besar  komputer mungkin tidak bisa membedakan antara tahun 2038 dan tahun 1970. Untuk melanjutkan menghitung dtk, angkanya akan menghitung mundur, berdasarkan -2.147.483.647 ke nol. Karena sebagian sistem tidak disiapkan buat itu, maka kemungkinan yg terjadi adalah kegagalan sistem.

Gangnam Style
Gamgnam style pernah membuat Youtube mengubah pola penghitungan. Video penyanyi berasal Korea Selatan, PSY, sukses menjebol YouTube hingga mencapai diatas dua miliar pengunjung. YouTube, yang tidak bisa memprediksi jumlah penontonnya akan sebanyak itu, terpaksa harus melakukan perubuhan sistem penghitungn dari 32-bit integer menjadi 64-bit.

Jumlah pengunjung itu rupanya melebihi kapasitas koding yang dibuat oleh pihak YouTube. Artinya, karena jumlah angka pada Personal Computer  disimpan pada bentuk 0 dan 1, ada batasan karakter penulisan angka  yang bisa diperlihatkan pihak youtube pada setiap video.

Dalam kasus PSY, angka ini sudah melebihi batasan tersebut dan Google harus melakukan upgrade untuk mengalokasikan memori tambahan. Masalah ini pun diatasi oleh pihak Google dengan menyematkan 64-bit integer dan menambahkan sedikit animasi pada tampilan kolom jumlah pengunjung.

Bug Kalkulator Windows
Salah satu aplikasi penting & selalu hadir secara default dalam OS Windows adalah kalkulator. Kalkulator ini memudahkan kita untuk menghitung segala macam operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian sampai perhitungan yg rumit sekalipun.

Tapi ternyata aplikasi kalkulator pada Windows 10 memiliki bug yg lumayan parah yang mengakibatkan kalkulator sama sekali tidak mengikuti aturan urutan faktor perhitungan dalam operasi matematika. Misalnya seperti mendahulukan dulu perkalian daripada penjumlahan, dan yang lainnya.


Paypal Error
PayPal pernah membaca atau mengkreditkan kurang lebih US$ 92 kuadriliun ke rekening Chris Reynolds dari Pennsylvania. Itu semua lantaran bug, untungnya berhasil diperbaiki sesudahnya.

Okeh teman-teman. Itulah 5 bug yang sangat penting untuk kita ketahui. Bug memang hal biasa pada dunia belajar-mengajar, bila tidak pernah mengalami hal ini maka kita tidak bisa memperbaiki dan mengambil tindakan pencegahan pada bug-bug yang terjadi pad Komputer.

pada dunia kerja khususnya dunia informatika atau khususnya pada dunia komputer hal ini perlu dicegah dengan cara melakukan testing terlebih dahulu sebelum rancangan diluncurkan atau digunakan pada dunia atau pada pengguna komputer didunia. Semoga hal-hal seperti ini tidak terjadi lagi yah.

Sekian dulu yah teman-teman mengnai JenisBug Komputer dan Menakutkan Sepanjang Sejarah, semoga ada manfaatnnya. terima kasih telah mengunjungi blog ini dan sampai jumpa pada postingan-postingan berikut nya yang akan membuat kita lebih bisa dalam belajar computer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Bug Pada Komputer dan Menakutkan Sepanjang Sejarah"

Post a Comment