Beberapa Situs sebagai tempat Belajar Coding Secara Gratis

Belajar Computer - Pada postingan kali ini kita akan belajar lebih giat lagi karena disini akan dijelaskan beberapa situs sebagai tempat belajar coding secara gratis.

Jaman sekarang dunia informatika, kita sebenarnya sudah tidak perlu repot buat mencari informasi. Karena, dengan hanya menggunakan smartphone, kita sudah bisa dengan mudahnya mendapatkan berita apa pun, sesuai keyword atau kata kunci yang kita ketik pada kolom pencarian mbah google.



Tidak hanya itu, untuk saat ini kita sangat menikmati perkembangan teknologi. Dan sangat bergantung pada teknologi. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini kita dapat belajar apa pun secara gampang. Hanya dengan mengunjungi situs tertnetu yang bagus dan menarik, kita bisa belajar apapun di situs tersebut.

Jadi teman-teman berikut ini beberapa situs sebagai tempat belajar coding secara gratis. Silahkan baca sampai di ujung bawah yah !!!.... Hehehehe 

Codecademy
Situs yang pertama adalah situ codecademy, Situs Codecademy merupakan salah  satu situs yg memungkinkan kita belajar coding secara gratis. Teman-teman munkin harus tahu bahwa situs ini telah dikunjungi lebih dari 24 juta orang untuk belajar coding. Situs ini yaitu Codecademy, kita akan diajarkan berbagai hal tentang coding seperti ; HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Phyton & Ruby. Sangat lengkap menurut saya pribadi.

Coursera
Situs yang kedua adalah Coursera. Situs ini telah berdiri  sekitar tahun 2012. Coursera sendiri sudah menjadi sebuah perusahaan yang aktif pada bidang pendidikan teknologi yang telah memberikan lebih dari 1000 acara dan 119 institusi. Menariknya, Pada situs ini kita bisa belajar secara geratis dan bisa juga melakukan pendaftaran dan mendaptkan sertifikat. 

EdX
Situs yang ketiga adalah Edx. EdX adalah salah satu platform online-learning yg cukup terkenal pada bidang pendidikan teknologi. Situs ini bersifat open source. Situs ini didirikan pada tahun yang sama menggunakan Coursera dan saat itu didirikan oleh Universitas Harvard dan MIT. Nah teman-teman, bisa deh dicoba belajar coding disini. lumayan gratis

Udemy
Situs yang ke empat adalah situs Udemy. Situs Udemy adalah situs tempat belajar coding secara gratis yang sudah ada sejak tahun 2010. Dengan membuka situs ini, kita bisa belajar pemrograman secara cuma-cuma dengan metode yang disajikan melalui tayangan video (wah... tertarik saya ini). Salah satu pembelajaran yang tersedia secara gratisa adalah Programming for Entrepreneurs, HTML & CSS, serta Introduction Pyhton Programming. Jadi teman-teman pada situs ini kita bisa belajar dengan video-video menarik (menonton sambil belajar).

AGupieWare
Situs yang ke lima adalah situs AgupieWare. Situs AgupieWare merupakan sebuah pengembang aplikasi yang mana sudah disurvei oleh program ilmu personal komputer dari beberapa lembaga terkemuka yang ada di Amerika Serikat. Situs ini memiliki kurikulum yang sama dari acara gratis yg pula tersedia di Stanford, MIT, Carnegie Mellon, Berkeley dan Columbia.

GitHub
Situs yang ke enam adalah GitHub. Situs GitHub adalah situs yang menyediakan berbagai buku rujukan atau refrensi yang berhubungan dengan coding, dan buku tersebut bisa kita dapatkan secara gratis. Bahkan, kita bisa mendapatkan lebih dari 500 buku pemrograman secara gratis dan juga terdapat lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda. Disitus ini selalu melakukan update sehingga kita tidak perlu ragu pada ketersediaan buku-buku di situs ini.

MIT Open Courseware
Situs yang ke tujuh adal MIT. Nah, situs ini cukup menarik buat kita, guys! Soalnya, apabila kita sudah merasa cukup menggunakan pembahasan pemrograman dasar, kita bisa mengunjungi MIT Open Courseware sebagai tempat belajar coding secara gratis yg lebih mendalam lagi. Sesuai dengan namanya, situs ini memanfatkan courseware milik MIT untuk dapat menunjukkan ilmu pemrograman. Bahkan, di situs ini kita akan bisa belajar Practical Programming.

Hack.Pledge
Situs yang ke delapan adalah Hack Pladge. Situs Hack.Pledge merupakan situs dari komunitas developer. Di situs ini, kita akan melihat beberapa developer yg high-profile. Perlu kamu tahu bawa pada situs ini terdapat developer terkenal yg bernama Bram Cohen. Beliau adalah penemu perangkat lunak BitTorrent. Jadi, kita bisa jadikan situs ini sebagai tempat belajar coding gratis sambil berbagi pengalaman ke beberapa developer terkemuka di dunia.

Code Avengers
Situs yang ke sembilan adalah Code Acengers. Code Avengers adalah situs tempat belajar coding secara gratis yang sangat interaktif. Pada situs ini kita dapat menyelidiki bagaimana coding game yang sesungguhnya, coding sebuah software atau aplikasi, serta kita juga bisa mendapatkan pelajaran mengenai JavaScript, dan HTML & CSS. Pada setiap pelajaran kita diberikan waktu sekitar 12 jam. Pada situs ini hanya terdapat dalam bahasa Inggris, Rusia, Belanda, Spanyol, Italia, Turki, dan Portugal.

Khan Academy
Situs yang ke sepuluh adalah Khan Academy. Situs ini sebagai tempat belajar coding gratis yang sudah relatif tua. Khan Academy sudah ada sekitar tahun 2006 yang mana guru pertamanya adalah Salman Khan. Setiap langkah buat belajar coding di sini diberikan dalam bentuk video tutorial. Kayaknya, nggak perlu dijelaskan lebih panjang lagi, teman-teman bisa langsung mengunjugi situs ini dan belajar lebih lagi mengenai coding secara gratis.

Free Food Camp
Situs yang ke sebelas adalah Free Food Camp. Pada situs Free Food Camp, kita akan mempelajari mengenai HTML5, CSS3, JavaScript, Database, DevTools, Node.Js, Angular.Js, dan Agile. Pada situs ini, kita bisa bergabung dalam menggunakan jaringan komunitas mahasiswa hingga profesional sekalipun. Dan lebih kerennya lagi, disini kita bisa membuat software gratis dan juga bisa sebagai ajang pamer untuk memperlihatkan keterampilan coding yang sudah kita kuasai.

HTML5 Rocks
Dan yang terakhir situs yang ke dua belas adalah HTML5 Rocks. Pada situs ini sebagai tempat belajar coding secara gratis. Situs ini merupakan proyek Google yg sudah diluncurkan pada tahun 2010. Situs ini didirikan buat melawan HTML5 Apple. Kita bisa memperoleh beberapa tutorial dan lain sebagainya. Jika kita aktif pada situs ini dalam artian sering mengunjungi situs ini kita akan mendapatkan keterampilan yang luar biasa dalam hal pemrograman.

Nah.. teman-teman silahkan pilih mana yang menurut teman-teman bisa memberikan pembelajaran yang baik dan bisa membuat lebih berkembang. Semoga postingan ini bisa bermanfaat pada semua. 

Sekian dulu mengenai Beberapa Situs sebagai tempat Belajar Coding Secara Gratis. Kita akan belajar lagi pada postingan berikutnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beberapa Situs sebagai tempat Belajar Coding Secara Gratis"

Post a Comment