HATI HATI !!! JANGAN SEMBARANG PAKAI VPN

HATI HATI !!! JANGAN SEMBARANG PAKAI VPN

Belajar Computer.com - Okeh.... Ada kesempatan lagi untuk tambah artikel di blog ini. Kali ini mengenai VPN dimana, Di Negara kita tercinta ini sedang terjadi pemblokiran SOSMED. Untuk teman-teman yanng belum tahu apa itu VPN ? nah disini kita akan jelaskan tentang hal itu.

Virtual Private Network atau VPN merupakan koneksi antar yang bersifat pribadi, dilakukan melalui jaringan publik dan memungkinkan pertukaran sumber daya secara privat. Itu tuh arti dari VPN.

Hati-Hati Menggunakan VPN

Sekarang ini sudah banyak yang menganjurkan untuk menggunakan VPN, untuk menghindar dari pemblokiran yang dilakukan pemerintah. Tidak hanya itu, ternyata dengan menggunkan VPN kita juga bisa membuka link-link yang berbahaya "link untuk dewasa". Dan untuk mendapatkan VPN itu sudah sangat mudah, Di Google Play ada, Di App Store juga ada.

Menurut dari sebagian orang menggunakan VPN lebih aman dibandingkan menggunakan koneksi internet yang biasa. Tapi ada juga sebagian orang menganggap menggukan VPN tidaklah aman, karena menimbulkan dampak atau bahaya, Apalagi kalau yang kita gunakan VPN GRATIS. Untuk lebih jelas mengenai Bahaya dari VPN baca sampai bawah yah... !! hehehe...

Berbicara mengenai bahaya atau dampak menggunakan VPN, Jika kita analogikan VPN itu mirip seperti Firewall di komputer kita. Jadi VPN ini akan mengklaim untuk melindungi ativitas online yang kita lakukan. 

Jadi, Berikut ini kita ulas beberapa dampak atau bahaya menggunakan VPN Gratis. 

1. Penggunaan IP sebagai Network Endpoint

Ketika kita menggunakan VPN, terkadang koneksi internet kita akan terasa lambat. Pernah kan rasakan seperti itu ? (ini pertanyaan untuk teman-teman yang biasa menggunkan VPN).

Inilah bahaya dari VPN, dimana para penyedia layanan ternyata membatasi besaran data yang bisa kita gunakan. Tidak hanya itu, ada pembatasan Bandwith internet yang diduga digunakan untuk memakai IP address Komputer kita sebagai Network Endpoint. 

Network Endpoint itu dapat juga dikatakan sebagai penjualan bandwith. Dimana penyedia layanan akan memindahkan bandwith yang lebih besar khususnya pengguna yang dianggap lebih menguntugkan.

2. Resiko Terkena Serangan Man In the Middle

Ketika menggunakan VPN Gratis itu sangat berbahaya karena berisiko terkena serangan Man In The Middle yaitu serangan terhadap sistem komputer yang saling berkomunikasi. 

Ini adalah salah satu jalan yang digunakan dari metode seorang hacker paling mematikan. Karena konsepnya dimana hacker berada di tengah jalur komunikasi komputer yang kita gunakan.

3. Penjualan Data

Dampak lain dari menggunakan VPN Gratis adalah Kita bisa terkena resiko penjualan data secara ilegal. Jika Kita menggunakan VPN yang berbayar kita tidak perlu mempermasalahkan dari bahaya ini. Akan tetapi, Kalau kita menggunakan VPN Gratis kita harus berfikir untuk menggunakannya.

Karena kalau kita menggunakan yang berbayar penyedia layanan akan memiliki aturan atau security yang lebih ketat.

4. Lacak Aktivitas Online

Nah ini yang lebih bahaya, Teman-teman harus tahu VPN Gratis rata-rata memasang tracker untuk melacak aktivitas pengguna dan sangat mungkin dibagikan kepada pihak lain. Ketika kita menggunakan VPN Gratis semua aktivitas atau data-data yang kita lakukan saat menggunakan nya bisa terekam dan itu bisa dengan mudah dimiliki oleh pihak lain.

5. Terkontaminasi Malware Berbahaya

Ada banyak wacana dari pengguna VPN Gratis, mengenai isu keamanan akan kontaminasi malware. Menurut mereka setidaknya ada beberapa penyedia VPN Gratis yang terkontaminasi atau terinfeksi oleh malware seperti Betternet, SuperVPN dan CrossVPN.

Malware biasanya berupa iklan. Hal ini sudah menjadi salah satu jalan keluar dari penyedia VPN dimana mereka bisa menghasilan uang dengan iklan tersebut.

Dengan ini banyak yang melarang untuk menggunakan VPN saat menggunakan aplikasi perbankan, seperti mobile banking dan internet.

6. Kebocoran Data dan Alamat IP

Woow....  Kebocoran data dan alamat IP adalah suatu hal yang sangat krusial saat kita menggunakan layanan VPN Gratis.

Sebuah studi yang dilakukan CSIRO menyatakan bahwa sekitar 84% VPN gratis menmbuka IPv6 pengguna secara gamblang.

Tidak hanya itu 60% diantaranya pula membocorkan permintaan DNS, Sehingga membuat histori penjelajahan dan lokasi browser terbuka.

Dan dengan hal itu bisa membuka jalan untuk serangan malware dan hacker ke komputer kita atau device yang kita gunakan.

7. Serangan Adware

Saat mendownload VPN dan kita pilih yang Gratis maka akan ada bayaran yang lain yang akan kita terima yakni dampak nya serangan adware atau Iklan yang sering mengganggu saat aplikasi digunakan. 

Teman-teman pasti merasakannya, Iklan yang sering muncul akan mengganggu kita dalam penggunaan VPN Gratis. Dan itu semua dari Pihak lain atau pihak ke Tiga. Bukan hanya Iklan yang sering mengganggu akan Tetapi, History atau bahkan data bisa juga jatuh ke tangan Pihak lain 

Sampai disini, semoga kita akan sadar betapa bahayanya ketika kita menggunakan VPN Gratis. Jadi Teman-teman harus hati-hati dlam menggunakan VPN. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk teman-teman. Terima Kasih.  .... Sampai jumpa Pada Artikel Berikutnya.,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HATI HATI !!! JANGAN SEMBARANG PAKAI VPN"

Post a Comment