Jelaskan Pengertian Administrasi Jaringan Computer dan Jenis Jenis Alat Infrastruktur Jaringan

Pengertian Administrasi Jaringan dan Jenis Jenis Alat Infrastruktur Jaringan


BELAJAR COMPUTER - Alhamdulillah teman-teman ada kesempatan lagi untuk menambah artikel pada blog ini. Kali ini berhubungan dengan jaringan, dimana pada kesempatan kali ini kita akan mebahas mengenai Pengertian administrasi Jaringan Computer dan Jenis Jenis Alat Infrastruktur Jaringan.
Pengertian Administrasi Jaringan 
Langsung saja teman- teman. Pegertian dari Administrasi Jaringan Computer adalah sebuah pekerjaan dari para administrator jaringan yang bertugas untuk mengatur sebuah jaringan computer baik itu dalam skala kecil maupun skala besar.

Administrasi jaringan ini dikerjakan oleh seorang administrator dan memiliki tugas -tugas seperti ;

- Menginstal dan mengkonfigurasi Aplikasi Software
- Menginstal dan mengkonfigurasi Server
- BackUp dan Restore File
- Membuat dan Mengelola User
- Menggunakan tool untuk memonitor keamanan Jaringan
- Mengkonfigurasi Keamanan Sistem.

Nah. itulah tugas-tugas dari seorang Administrator Jaringan.

Selanjutnya berikut ini Jenis- jenis Alat Infrastruktur Jaringan 


Jenis-jenis Alat Infrastruktur Jaringan 


1. ROUTER

ROUTER adalah perangkat jaringan yang berfungsi menghubungkan dua jaringan atau lebih sehingga data dapat dikirim dari satu jaringan ke jaringan yang lain. dengan menggunakan router kita bisa mengubungkan dua jaringan yang berbeda misalnya IP 192.168.2.0/24 itu bisa di hubungkan dengan jaringan 200.200.200.0/24.

2. WIRELESS CARD

WIRELESS CARD adalah salah satu perangkat jaringan yang bisa menghubungkan dua device secara nirkabel atau menggunakan kabel. Dengan menggunakan wireless card dua computer atau lebih dapat terhubung dengan jaringan wifi tanpa menggunakan kabel jaringan.

3. LAN CARD

LAN CARD adalah Alat yang bisa menghubungkan dua atau lebih computer dengan menggunakan media kabel. sama halnya dengan perangkat jaringan yang lain. Lan card ini banyak digunakan dalam menghubungkan computer yang satu dengan yang lainnya. Lan card juga bertugas mengubah aliran data yang berbentuk paralel menjadi bentuk serial sehingga dapat ditransmisikan melalui media jaringan seperti kabel UTP.

4. MODEM

MODEM atau Modulator Demodulator  adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya. Data yang diberikan kepada computer ke modem umumnya berbentuk sinyal digital. Jadi Ketika modem mendapatkan data berbentuk sinyal analog, modem harus merubahnya terlebih dahulu menjadi sinyal analog, modem harus merubahnnya terlebih dahulu menjadi sinyal digital agar dapat diproses lebih lanjut oleh computer.

5. HUB

HUB adalah salah satu perangkat jaringan yang bertugas mengubah sinyal transmisi jaringan, dimana hal tersebut dimaksudkan agar kedua computer atau lebih dapat saling terhubung.

6. BRIDGE

BRIDGE adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas suatu jaringan sekaligus membuat sebuah segmen jaringan. adapun cara kerja dari bridge yakni mengenali alamat mac yang mntransmisi sebuah data ke jaringan kemudain bridge akan membuat tabel internal secara otomatis, dimana tabel ini dapat menentukan segmen mana yang akan di routing maupun yang akan di filter.

7. KABEL JARINGAN 

KABEL JARINGAN adalah media transmisi berbentuk kabel yang digunakan untuk menghubungkan dua computer atau lebih untuk saling tukar data. Kabel yang sering digunakan seperti UTP, STP, COXIAL dan FIBER OPTIK. Kabelajaringan digunakan sesuai jenis topologi jaringan yang digunakan.

8. SWITCH

SWITCH adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan hub akan tetapi perangkat ini lebih pintar dari HUB karena dapat mengatasi maslah collision data. tidak hanya itu, switch juga memiliki beberapa kelebihan seperti kecepatan transfer data maupun luas jaringan yang jauh lebih bagus dari HUB.

9. ACCESS POINT

ACCESS POINT adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan dua jenis jaringan yang berbeda, yaitu antar jaringan wireles dengan jaringan LAN. Access Point terdiri dari antena dan transceiver yang biasa idugunakan untuk transmisi dan menerima sinyal dari client atau sebaliknya. dengan adanya Access Point ini Kita dapat terhubung dengan Jaringan Lan secarah Nirkabel.

10. REPEATER

REPEATER adalah perangkat jaringan yang memiliki fungsi memperluas jangkauan sinyal wifi dari server agar dapat terhubung dengan perangkat yang lain. Adapun cara kerja dari repater adalah dengan menerima sinya dari server kemudian memnacarkannya kembali dengan jangkauan yang lebih luas dan kuat,

Udah.. itulah apa yang sempat ditulis pada artikel ini. semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan kita tentang Administrasi jaringan terutama pada pengertian dan jenis-jenis alat infrastrukturnya. sekian. semoga ada kesempatan untuk menambah artikel berikutnya...


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Jelaskan Pengertian Administrasi Jaringan Computer dan Jenis Jenis Alat Infrastruktur Jaringan"

  1. Unwind with the ultimate relaxation experience – discover the soothing power of Kratom Point Wholesale's exceptional products and elevate your senses with every sip of our exclusive Feelfree drink . Embrace tranquility, one sip at a time.

    ReplyDelete