Tips Membeli PC Gaming Rakitan

Ketahui Berbagai Tips Membeli PC Gaming Rakitan dengan Kualitas Terbaik


belajarcomputer.com - Teman-teman disini ada yang suka bermain game ? ada seorang gamers, Nah... pada artikel berikut ini kita akan membahas Tips Membeli PC Game Rakitan. Aktivitas yang lumayan banyak diminati oleh para pemuda biasanya dalam bentuk permainan (games). Games sendiri telah berkembang menjadi permainan canggih yang berbasis teknologi. Sekarang ini, lebih banyak orang yang memilih bermain games di media elektronik  dibandingkan games tradisional yang lebih menguras tenaga. Apalagi games dari media elektronik mempunyai banyak variasi, sehingga para penggunanya tidak akan merasa bosan.

Seiring dengan kemajuan teknologi tersebut, games gencar dioperasikan melalui komputer. Jika teman-teman tidak berorientasi pada games, maka bisa memilih komputer biasa yang diisi dengan beberapa games sebagai selingan hiburan. Akan tetapi, jika Anda adalah tipe gamers sejati, maka pasti akan membutuhkan perangkat khusus yang akan dipenuhi dengan berbagai macam games dari berbagai kelas. Dengan begitu, Anda harus membeli komputer atau PC yang dirancang khusus untuk gaming.

Tips Membeli PC Gaming Rakitan


Tips-Tips Membeli PC Gaming Rakitan

PC khusus gaming ini diciptakan sebagai bentuk upgrade dari perangkat gaming terdahulu, seperti Nintendo maupun Play Station. Kedua perangkat tersebut sudah tergolong jadul, sebab terkalahkan dengan munculnya teknologi yang lebih canggih. Jika pada awalnya komputer dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia, maka sekarang ini eksplorasinya sudah menyebar ke ranah yang lain, termasuk gaming.

Namun perlu Teman-teman ketahui, bahwa spesifikasi perangkat PC yang digunakan untuk pekerjaan biasa dan gaming cukup berbeda. Terutama dari memori penyimpanannya. Anda harus membeli PC yang spesifikasinya memang cocok untuk gaming. Sebab, PC gaming ini akan membutuhkan ruang yang lebih luas serta kinerja yang juga besar. Oleh karena itu, ketika Anda ingin membeli komputer gaming, sebaiknya perhatikan dulu komponen-komponen perangkatnya. Terutama bila komponennya adalah rakitan.

Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika membeli PC gaming rakitan, agar tetap mendapatkan produk yang berkualitas :

1. Menentukan Level PC Gaming Rakitan

Tips pertama yang perlu dilakukan sebelum membeli PC gaming rakitan adalah menentukan jenis atau levelnya terlebih dahulu. Sejauh ini ada 3 level yang bisa Anda pertimbangkan :

   a. Low end

Level low end merupakan level terendah yang ada pada PC gaming rakitan. Umumnya para pengguna yang memilih level ini adalah para pelajar yang belum memperoleh penghasilan sendiri. Kualitas dari komponen-komponen PC gaming rakitan tentunya tidak begitu bertahan lama, karena harganya juga tergolong lebih murah. Anda hanya bisa mengoperasikannya dalam jangka waktu yang pendek saja.

   b. Mid end

Level selanjutnya adalah Mid end yang merupakan level pertengahan. Dilihat dari harganya, level ini jelas mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan low end. Selain itu, kelas ini juga sesuai bagi Anda yang sudah mempunyai penghasilan, namun tak begitu berorientasi pada komponen PC. Pada tahap ini Anda bisa membeli perangkat lain dalam bentuk console. Pengoperasiannya pun lebih baik dan dapat digunakan dengan nyaman.

   c. High end

Terakhir adalah level yang paling atas. Level high end diperuntukkan bagi Anda yang berstatus sebagai gamers sejati dengan penghasilan yang cukup besar. Pada level ini, Anda memang bermaksud untuk memiliki PC dengan kualitas hardware yang terbaik, sehingga pengoperasian gaming dapat berjalan dengan maksimal. Di sisi lain, Anda pun dapat menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup panjang.

2. Nah, setelah Anda menentukan level PC gaming rakitan yang akan dibeli, selanjutnya adalah memilih komponen-komponen tepat.

Komponen-komponen tersebut haruslah disesuaikan dengan level PC gaming rakitannya. Sebab, antara komponen satu dengan lainnya harus berkaitan erat dan memiliki kualitas sejenis. Anda tidak bisa memilih satu komponen low end sedangkan yang lainnya adalah mid end. Tentu hasilnya akan berbeda dan tidak pas dengan standarnya.

Beberapa komponen di dalam PC gaming rakitan yang harus teliti untuk dipilih adalah sebagai berikut :

   a. Motherboard

Komponen utama yang terpenting dalam membangun sebuah PC gaming berupa rakitan adalah motherboard. Perangkat ini dapat dikatakan sebagai induk yang berfungsi sebagai perantara yang menghubungkan satu komponen dengan komponen lainnya di dalam PC. Sehingga, perannya ini sangatlah penting. Anda harus bisa memilih motherboard yang cocok dengan komponen lainnya. Belum tentu setiap komponen dengan merek sama mempunyai kecocokan. Terkadang Anda memang harus menyesuaikannya dengan beberapa merek lainnya.

Jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kelas yang Anda pilih. Cari tahulah motherboard apa saja yang kompatibel untuk level low end, mid end maupun high end. Beberapa brand motherboard yang cukup terkenal sebagai kunci komponen dari PC gaming rakitan adalah Asrock, Asus dan Gigabytes.

   b. Processor

Komponen kedua yang juga tak kalah pentingnya adalah Processor. Processor merupakan dalang dari pemrograman PC gaming rakitan. Alat ini dapat dikatakan sebagai otak dari PC. Manusia sendiri mempunyai otak yang berfungsi sebagai pusat pengendalian emosi maupun tubuh. Begitu pula dengan Processor yang fungsinya hampir sama dengan otak manusia.

Anda harus memiliki kejelian dalam memilih Processor yang tepat untuk PC gaming rakitan. Biasanya processor yang spesifikasinya tinggi, maka akan menghasilkan kualitas yang terbaik pula. Tapi kembali lagi pada level yang Anda pilih. Jangan sampai membeli Processor yang ternyata tidak kompatibel dengan komponen lainnya. Lakukan riset terlebih dahulu supaya tidak salah pilih.

   c. Video Graphic Array (VGA)

VGA merupakan komponen yang dapat menentukan kualitas grafis visual atau tampilan pada sebuah PC. Jika Anda fokus membangun PC gaming rakitan, tentunya VGA ini akan menjadi penentu yang cukup krusial. Perbedaan signifikan antara PC biasa dengan PC gaming ini juga dapat dilihat dari VGA-nya.

Umumnya, VGA pada PC biasa berbentuk Card yang merupakan bawaan dari komputer. Sedangkan untuk PC gaming membutuhkan VGA eksternal agar menghasilkan grafis yang lebih tajam dan menonjol. Jika Anda menginginkan kelas high end, tentunya pemilihan VGA ini harus berkualitas tinggi.

   d. Random Access Memory (RAM)

Anda pasti pernah mendengar istilah tentang RAM. Kapasitas RAM untuk PC biasa dengan PC gaming tentu berbeda. RAM sendiri artinya adalah sebuah media penyimpanan data maupun aplikasi sementara yang akan disalurkan ke Processor agar dapat diolah secara optimal. Semakin tinggi RAM yang dimiliki, maka performa PC akan semakin baik.

Anda bisa memilih RAM sebesar 2 GB untuk PC biasa yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Sedangkan khusus untuk gaming, Anda harus membeli RAM paling tidak sebesar 4 GB. Jika RAM terlalu kecil, Anda tidak akan bisa mengoperasikan games dengan lancar.

   e. Penyimpanan (Storage)

Komponen penting lainnya namun masih sering dilewatkan oleh gamers adalah storage atau media penyimpanan. Storage ini berguna sebagai media untuk menyimpan data permanen dan juga menentukan kinerja dari PC. Ada dua jenis storage yang bisa Anda pilih, yaitu HDD maupun SDD. Storage dengan jenis SDD ini dinilai memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan SDD. Akan tetapi, harganya juga lebih mahal.

   f. Power Supply

PC gaming juga membutuhkan pemasok listrik agar dapat bekerja dengan baik. Media ini akan mengkalkulasi berapa pasokan daya yang dibutuhkan oleh PC, tergantung dari jenisnya. PC dari level low end sampai dengan high end tentu mempunyai daya yang berbeda, sebab kualitas komponen-komponennya juga berbeda. Pemilihan Power Supply yang kurang tepat bisa berakibat pada rusaknya PC gaming.

   g. Casing

Komponen terakhir adalah Casing, yakni merupakan bagian terluar dari PC gaming rakitan yang fungsi utamanya adalah untuk melindungi komponen-komponen di dalam PC. Tak sedikit para gamers yang hanya tergiur dari segi desain casing saja, padahal belum tentu dapat menjalankan fungsi dengan baik. Casing yang eye catching memang boleh saja dipilih, tapi jangan lupa akan fungsi utamanya.

3. Proses terakhir setelah membeli semua komponen adalah merakit PC agar menjadi satu kesatuan yang imbang. 

Anda juga tidak boleh sembarangan melakukan perakitan. Mintalah bantuan kepada para perakit PC gaming handal bila memang tidak tahu-menahu masalah perakitan.

Gaming memang menjadi sebuah kegiatan menarik yang menghibur. Banyak orang yang beranggapan bahwa gamers adalah segelintir orang yang hanya membuang waktu dengan sia-sia. Padahal, Anda bisa memperoleh penghasilan besar dari aktivitas ini jika sudah dalam kelas pro. Artinya, gaming pun dapat memberikan keuntungan bagi para pengguna yang memanfaatkannya dengan benar.

OK... Teman-teman, itulah tadi mengenai Tips Membeli PC Gaming Rakitan, semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan pemahaman yang lebih tentang hal ini. Terima kasih kita jumpa pada artikel selanjutnya....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli PC Gaming Rakitan"

Post a Comment