Perkembangan Personal Computer

Perkembangan Personal Computer, Lanjutan dari postingan sebeblumnya saya akan membagikan artikel tentang perkembangan personal computer dari tahun ke tahun sampai sekarang. Dalam artikel ini akan digambarkan bentuk PC mulai tahun 1975 (saya belum lahir.... hehehe). Yah, kita lanjut saja teman-teman bisa menyimak perkembangan PC berikut ini;

1. Tahun 1975 (Komputer MITS Altrair 8800) 
Mits altair 8800 adalah komputer mikro yang dirancang pada tahun 1974 berdasarkan pada interle 8080 cpu. Berkembang cepat setelah tampil pada sampul edisi 1975 dari popular electroincs, dan dijual melalui mail order yang dipasang di iklan-iklan seperti iklan radio, dan majalah. Para deseainer berharap bahwa untuk menjual beberapa ratus build it your self kit untuk penggemar, dan terkejut ketika mereka menjual ribuan dibulan pertama.



The Altair juga menghimbau kepada individu dan pebisnis untuk membeli versi yang dirakit. Bahkan diakui secara luas dan menjadi revolusioner komputer micro.

Altair 8800 memiliki processor 2 MHZ Intel 8080, memori 256 bytes, dan dapat ditambah maksimum 64 Kb. Peyimpanan yang dipakai pada altair 8" floppy disk atau kaset eksternal. Altair juga tidak mempunyai monitor, keyboard, mouse, sistem operasi, dan sofware aplikasi. Untuk menggunakan Altair kita harus mengerti bahasa mesin yang berarti mengubah dudukan saklar yang benar dan melihat lampu LED yang beruhubungan menyala.

2. Tahun 1977 (Komputer Apple II)
Apple II dirilis sekitar tahu 1977, sekitra 12 bulan komputer Apple pertam diluncurkan. Apple II dirancang sebagai produk massal untuk pasar ketimbang insinyur. Apple II dibuat oleh Jobs dan Wozniak. Penjualan Computer Apple II pada tahun 1979 menghasilkan 79 Juta US Dollar. 
Apple II muncul dengan keyboard, monitor dan media penyimpanan. Komputer ini juga mempunyai sistem operasi dan software aplikasi bebeda dari Altair 8800. Awalnya PC ini menggunakan media penyimpanan kaset, tetapi pada tahun 1978, folpy disk eksternal dengan kapasitas 143 sudah bisa digunakan. 

3. Tahun 1981 (Komputer IBM PC)
Komputer IBM PC yang asli dikeluarkan pada bulan Agustus 1981, yang hanya mempunyai memori sebesar 16Kb. Komputer ini belum dibekali Harddrive hanya menggunakan media penyimpanan kaset dan floppy. Desain terbuka Komputer IBM PC sangat mudah untuk diupgrade. Komputer ini juga mempunyai slot ekspansi pada papan sirkuit utama atau Motherboard Jadi, kita bisa menambahkan kecepatana dan kemampuan pada komputer ini misalnya menonton tv kabel dari PC dengan menggunakan card TV tuner.


Komputer ini sangat mudah dikembangakan. Dan yang menjadi kunci suksesnya PC ini dibekali processor Intel. Intel menaikkan kemampuan processor 2 kali lipat setiap 18 bulan. Jadi, PC ini lebih canggih pada setiap 2 bulan.

4. Tahun 1983 (Komputer Compaq PC)
Karena desain IBM PC dibut terbuka maka pabrikan lain juga mulai mengikuti dan mengeluarkan PC buatan mereka. Salah satunya adalah Compaq (sekarang telah bergabung dengan HP) yang mengeluarkan Compaq Portable. 

PC ini bentuknya seperti koper yang mempunyai monitor monokrom dengan ukuran 9 inch dan dua flppy derive berukuran 320Kb. Komputer Compaq menggunakan sistem operasi DOS. Komputer PC Compaq mempunyai 2 port paralel dan 1 port serial untuk koneksi ke perangkat eksternal. Dan untuk memori nya 128 Kb dapat diupgrade menjadi 640Kb. Dan terakhir dalam perkembanganya pada tahun 1987 versi ketiga dari computer ini dibekali dengan HardDrive berukuran 20/40 Mb. 

5. Tahun 1983-1989 (Komputer IBM PC)
Tahun 1983-1989 kompunter IBM mendominasi dunia komputer. Komputer IBM PC mengeluarkan versi terbarunya. IBM PC XT yang telah mempunyai harddrive dengan kapasitas 10Mb, memori 128Kb, dan floppy drive 360Kb. IBM kemudian membuat lebih banyak peningkatan dan mengeluarkan IBM PC AT 286 sekitar tahun 1984 yang menggunakan processor Intel 6 MHz (80286), harddrive dengan kapasitas lebih dari 20Mb. Pada tahun 1986 keluar lagi seri PC AT dan lanjut seri AT 386 dan disusul pada tahun 1989 seri AT 486 kedua seri ini mempunyai kelebihan pada memori dan kecepatan processor. Seri AT 386 merupakan PC pertama yang menggunakan processor 32 bit. (80386), dan sudah mendukung multitasking (menjalankan beberapa aplikasi secara berasamaan).

6 Tahun 1985 (Komputer Commodore Amiga 1000)
Komputer coomodre amiga 1000 merupakan komputer multimedia tercanggih yang banyak diminati oleh animator dan desiner grafis saat itu. Pc ini memiliki moniter berwarna, dan sudah mendukung suara stereo 4 kanal, dan juga menggunakan port untuk joystick dan video serta mendukung video mode sampai 4096 warna. 

Amiga 1000 menggunakan sistem operasi Dos juga menawarkan interface grafis yang mendukung multitasking. Teknologi Amiga lebih unggul akan tetapi gagal karena arsitekturnya yang proprietary dan pemasaran yang buruk. Perangkat ini juga tidak kompetibel dengan sistem operasi MS DOS dan desain IBM PC pada umumnya.

Sekian dulu artikel yang membahas tentang perkembangan Personal computer jika ada waktu akan saya tambahkan. Semoga bisa dijadikan bahan atau refrensi untuk teman-teman semua. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perkembangan Personal Computer "

Post a Comment