Jenis Kapasitor Yang Sering Mengalami Short Pada Laptop Mati Total

Belajar Computer - Alhamdulillah ada kesempatan lagi untuk berbagi di blog ini. Nah dalam kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai jenis kapasitor yang sering mengalami short pada laptop. Pasti teman-teman biasa mendapatkan laptop yang saat di colokkan adaptornya indikator cas tidak menyala, atau tidak ada tanda-tanda listrik masuk. Atau biasa juga led indikator pada adaptor nya yang langsung mati. Nah seperti itu lah sort yang terjadi pada Laptop.




Jenis kapasitor yang sering mengalami short pada laptop yang mati total adalah kapasitor tanttalum dan kapasitor keramik mikro.

Kapasitor tantalum yang menyebabkan short pada laptop mati total biasanya terletak pada bagian bawah processor. Kapasitor ini terletak di bagian lain pada motherboard laptop yang selurus atau pas dibagian bawah processor. Kapasitor tantalum mati akibat overheat pada komponen power yang lain. 
kapasitor-tantalum


Dan Kapasitor Keramik biasanya terletak di sekitar jack charger/cas. Dan Penyebab kapasitor keramik mati adalah karena laptop kehabisan baterai dan mendadak mati sebelum di cas.


kapasitor-kramik


Kedua kapasitor inilah yang biasa menyebabkan short pada laptop mati total. Adapun cara melakukan pergantian pada komponen ini, untuk kapasitor keramik teman-teman cukup melihat ukuran fisiknya saja. Sedangkan untuk kapasitor tantalum teman-teman bisa melihat kode yang tertulis pada body kapasitor.


Semoga postingan ini bisa membantu teman-teman dan semuanya untuk lebih mengenal kapasitor yang sering mengalami short pada laptop mati total. Sampai jumpa pada postingan berikutnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Kapasitor Yang Sering Mengalami Short Pada Laptop Mati Total"

Post a Comment