Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Elektronik Khususnya Perangkat Computer

Belajar Computer - Baik, teman-teman dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai K3 dalam menggunakan elektronik khususnya perangkat computer. Jangan sampai kita termasuk orang yang lalai dalam hal ini tidak memperhatikan kesehatan dan juga keselamatan kita saat menggunkan elektronik.
Langsung saja teman-teman berikut ini pembahasan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam Menggunakan Elektronik Khususnya Perangkat Computer.

Setiap kita ingin menggunakan perangkat computer, teman-teman harus bisa menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3), dengan begitu kita bisa terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan.

kesehatan-keselamatan-computer-menggunkan

Menggunakan Perangkat Computer/komputer dengan posisi yang benar

Teman-teman yang sering menggunakan Computer/komputer harus memperhatikan Kesehatan dan Keselamatan Kerja(K3). Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti mata, jari tangan, punggung dan pinggang. Radiasi monitor computer harus kita hindari karena itu bisa menyebabkan mata jadi perih bahkan dapat menyebabkan teman-teman menderita rabun jauh (miopi). 

Mata
Jadi, teman-teman harus melindungi dan menyayangi mata saat berada didepan computer/komputer dan laptop. kita bisa menggunakan pelindung monitor, kita juga bisa menggunakan kacamata, atau kita juga bisa menggunakan pelastik dan memasangnya pada layar monitor. Kita juga bisa mencari meja khusus, sehingga jarak mata kita dengan monitor bisa lebih baik. Dan saat ini kita tidak begitu sulit mencari meja komputer yang sudah dirancang denga sangat artistik dan nyaman. 
Jari Tangan
Sebagai pengguna computer/komputer kita juga biasa merasakan rasa nyeri pada jari, kita bisa menghindari keluhan sepertin ini dengan menggunakan keyboard dan mouse yang empuk atau yang cocok dengan kita. Kita bisa mencari mouse atau keyboard sesuai dengan keinginan kita, ada banyak pilihan saat ini. Keyboard dan mouse tanpa kabel sangat diminati oleh para penggunaa komputer saat ini karena sangat mudah dipakai dan pilihan modelnya pun sangat banyak.

Punggung
Hal yang biasa kita dengar dari pengguna computer adalah keluhan pada punggung. Gimana teman-teman, apa ada yang merasakan keluhan punggung ?... hal ini biasa terjadi ketika kita berada cukup lama didepan komputer/computer, khusunya bagi pengguna game kadang waktu tidak diperhatikan. Teman-teman harus hati-hati dengan keluhan seperti ini, jangan menuruti nafsu saat kita bermain game/mengerjakan tugas usahakan ada jedah atau waktu istirahat. Teman-teman harus menggunakan waktu istirahat sebaik mungkin sehingga keluhan ini tidak terjadi pada kita.

Pinggang
Nah ini juga, sakit pinggang. Sakit pada bagian pinggang harus kita hindari karena itu bisa menyebabkan gangguan pada organ lain, seperti buang air (baik kecil atau besar). hal ini biasa terjadi ketika kita berada didepan komputer dalam waktu yang lama dan kurang gerak bisa terserang penyakit gingal sehingga sakit pinggang bisa kita rasakan.    

Jadi teman-teman harus memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat komputer. Dengan begitu kita bisa mengerjakan tugas kita dengan baik, mampu menyelesaikan semua projek yang kita kerjakan dan bisa juga memiliki tubuh yang sehat. 

Okeh.... teman-teman saya rasa cukup dalam pembahasan kali ini. mengenai kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan elektronik khususnya perangkat komputer/computer. semogan dengan adanya artikel ini bisa memberikan pengetahuan lebih untuk teman-teman. 

sampai jumpa pada pembahasan berikutnya... 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Elektronik Khususnya Perangkat Computer"

Post a Comment