Beberapa Perbedaan Besar antar HDD (HardDisk) dan SSD (Solid State Drive)

Beberapa perbedaan antara HDD (HardDisk) dan SSD (Solid State Drive). HardDisk atau HDD berfungsi menyimpan data sama dengan fungsi yang dimiliki oleh SSD atau Solid State Drive. Tapi Terdapat beberapa perbedaan, diantranya;

HardDisk bekerja dengan cara sistem magnetik dimana didalamnya terdapat 1-3 buah piringan baja putih yang disebut plate. Plate ini bisa ditulis dan dihapus oleh Head Plate atau piringan putih tersebut berputar secara terus menerus dan diputarkan oleh spindle motor. Sedangkan SSD memiliki sistem kerja berbentuk atas susunan-susunan IC untuk menyimpan data seperti halnya Micro SD dan Flashdisk IC yang berfungsi menyimpan data secara permanen, dan IC Processor berfungsi untuk mengolah, membaca, serta menulis IC nandflash. Artinya HDD menggunakan piranti dan sistem magneti sedangkan SSD menggunakan IC nandflash.


Berikut ini Beberapa Perbedaan HDD(HarDDIsk) dengan SSD (Solid State Drive) 
* Ukuran dan Berat
Dilihat dari ukuran dan berat harddisk lebih besar dan berat karena didalam harddisk memiliki beberapa komponen magnetik atau logam yang mengontrol sistem kerja pada hardisk. berbeda dengan SSD sangat kecil hanya chip dan komponen kecil dengan ukuran yang lebih kecil pula.

* Kecepatan Membaca (read) dan Menulis (write)
Dalam hal kecepatan baik dalam membaca dan menulis atau read and write antara HDD dan SSD. SSD (State Solid Drive) memiliki kecepatan sampai 10x lebih cepat dibandingkan HDD (HardDrive). Pada saat uji coba pada laptop, satu menggunakan HDD dan yang satunya menggunakan SSD proses booting windows pada laptop yang menggunakan SSD lebih cepat booting windowsnya.

* Sistem Kerja
Untuk sistem kerja HDD menggunakan mekanik  motor spindle layaknya pita dan piringan hitam dan sebagai media untuk menulis dan membaca data  dengan menggunakan head. Sedangkan SSD menggunakan sistem digital dimana tidak menggunakan media prantara untuk menulis dan membaca data, tetapi menggunakan IC nandflash

* Efek yang Ditimbulkan 
Harddisk adalah perangkat keras yang tersusun atas mekanik dan terdapat putaran pada platter (sebuah piranti magnetik yang terbuat dari logam) ini degarakkan oleh motor spindle. Putaran yang dihasilkan dari spindle membuat HDD panas. Motor spindle yang berputar cepat memerlukan daya yang lebih tinggi. Putaran spindle dan piringan plater akan menghasilkan efek noise tinggi apalagi kalau platernya sudah mulai susah dibaca oleh head. Sedangkan pada SSD panas atau suhunya sangat rendah karena komsumsi daya kurang dari 0.5 watt. SSD juga tika memiliki struktur mekanik yang berputar sehingga tidak menimbulkan efek noise yanga dihasilkan pada SSD

* Fragmentasi 
HDD terdapat piringan spiral akan membentuk data tersimpang secara blok, saat data tersebut dihapus hanya sebagian yang terhapus, sebagian data tersimpang. Ketika, HDD sudah mulai penuh terisi maka pembacaan HardDisk akan terasa lambat itu disebabkan head meloncat ke blok yang jauh melewati blok partisi yang tidak terisi, inilah yang dikatakan fragmentasi. Dan untuk mengatasi hal seperti ini HardDisk harus di Defrag (merapikan data agar tersimpan berdekatan blok yang satu ke blok yang lain). Sangat berbeda dengan SSD hanya menyimpan data pada IC yang disebut nandflash.

* Bad Sector
Bad sector adalah kerusakan yang terjadi karena rusaknya piringan platter yang biasanya disebabkan oleh  terhentinya motor spindle dan waktu itu head sedang membaca platter, sehingga blok patter akan cacat akibat mati listrik. Pada HardDisk baik laptop atau PC biasa terkena bad sector. Tapi, kalau pada SSD tidak ada yang namanya bad sector. Karena sangat jelas pada SSD tidak menggunakan Piringan.

* Harga
Mengenai harga SSD terbilang lebih mahal daripada HDD. Tetapi SSD mahal karena kecepatan dan kualitas memberikan kepuasan kepada pemakainya.

Itulah beberapa Perbedaan besar antara HardDisk dan SSD. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman dalam membedakan dua hardware penyimpanan data yaitu HDD (HarDDisk) dan SSD (Solid State Drive). 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Beberapa Perbedaan Besar antar HDD (HardDisk) dan SSD (Solid State Drive)"